Dihqon Nadaamist

Pendiri Cleansheet dan Memberdayakan Ratusan Anak Muda

HA IPB – Usai meraih gelar sarjana ekonomi tahun 2019 dari IPB University, Dihqon Naadamist, yang juga pendiri PT Cita Indonesia Bersih, melanjutkan pendidikan magister jurusan Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan di almamater yang sama.

Sebelum masuk IPB University, pria asal Pekalongan, Jawa Tengah, ini merupakan anak pendiam. Belajar di Bogor telah memberikan perubahan besar kepada dirinya. Sejak mengikuti salah satu organisasi di kampus, dia mulai memiliki prinsip dan karakter pemimpin hingga berhasil memenangkan penghargaan Santripreneur Award di tahun 2020.

Selain berkecimpung di organisasi yang bisa membuat dirinya berkembang, Dihqon juga mempelajari banyak hal dari mengenal karakter orang lain, termasuk teknik negosiasi. Bergabung menjadi keluarga IPB University membuat diriya keluar dari zona yang bisa nyaman dan memberinya banyak tantangan yang luar biasa.

Melihat fenomena di lingkungan kampus, Dihqon mulai membuka mata mengenai fakta mahasiswa penerima Beasiswa Bidikmisi yang sulit mencari penghasilan dengan  rutinitasnya.

Cleansheet, sebuah startup jasa kebersihan rumah dan kantor yang dibesutnya berhasil mendapatkan pendanaan awal dari beberapa investor untuk mendukung visi pemberdayaan anak-anak muda dan mahasiswa.

Selaku CEO Cleansheet, Dihqon mengungkapkan pendanaan awal itu untuk pengembangan teknologi Cleansheet serta pendirian Cleansheet Academy guna mempermudah pelanggan dalam memesan jasa kebersihan dan memberdayakan anak-anak muda potensial.

“Hingga saat ini, Cleansheet telah berhasil memberdayakan lebih dari 250 anak muda, baik mahasiswa maupun mereka yang putus sekolah, di wilayah Jabodetabek dan mereka juga melaksanakan program bersih-bersih tempat ibadah dan sekolah secara gratis, yang telah mencakup hampir 1000 lokasi,” ungkapnya.

Harapan dari pendanaan awal adalah memberikan dampak lebih besar lagi, khususnya membantu mahasiswa pra sejahtera dan anak-anak putus sekolah untuk dapat bekerja sambil melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi. Adapun tujuan akhirnya mengentaskan kemiskinan.

Cleansheet menekankan misi sosial “Cleaning For Helping People”, yang mengedepankan semangat membersihkan untuk membantu sesama. Dengan berharap lebih banyak kolaborasi yang dapat diciptakan bersama Cleansheet, karena dengan bersatu, masalah kebersihan, pengangguran, dan anak-anak putus sekolah dapat diatasi, menuju pada pengentasan kemiskinan.

Dirinya sadar bahwa pendidikan merupakan hal yang sangat berpengaruh untuk kehidupan seseorang. Pendidikan dapat mengubah masa depan, pola pikir, serta kepribadian seseorang. [alumniipbpedia/H-5]

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *