HBH dan FSA ke-11, Alumni IPB University Tingkatkan Kolaborasi

HA IPB – Ratusan alumni Institut Pertanian Bogor (IPB) University menghadiri halal bihalal (HBH) dan Forum Silaturahmi Alumni (FSA) XI di Museum Bank Indonesia, Jakarta, Kamis (2/5/2024). Dua agenda yang dikemas dengan tema Silahturahmi Alumni IPB Lintas Generasi untuk Indonesia Maju ini diharapkan terus meningkatkan kolaborasi dan sinergi kampus dan para alumni.

Ketua Umum Himpunan Alumni (HA) IPB Walneg S Jas menyebutkan acara tersebut tidak hanya menjadi wadah untuk bertemu dan silaturahmi. Namun, forum tersebut juga memiliki signifikansi sebagai salah satu program Legacy DPP HA IPB yang rutin dilakukan setiap 6 bulan sekali sejak 2017 lalu.

Selain halal bihalal, pada FSA XI ini juga diluncurkan program mentoring leader batch 6. Dengan konsep dari pemimpin untuk menciptakan pemimpin, di mana alumni senior memberikan bimbingan kepada alumni yang baru.  “Ada lima kluster untuk mentoring leader ini yakni politik, birokrat, profesional, pengusaha dan akademisi,” ujarnya.

Rektor IPB University Arif Satria dalam sambutannya menyampaikan, IPB siap menerima segala masukan, dalam rangka mempersiapkan IPB untuk merespons masa depan.

“Setelah tahun lalu IPB bikin sekolah kedokteran. Untuk tahun ini kami menyiapkan 10 off sekolah teknik (engineering),” kata Arif.

Kiprah nyata IPB, kata dia, bisa dilihat dengan kegiatan pembinaan terhadap 4667 desa  mitra IPB atau  6,1 persen desa di Indonesia didampingi IPB. “Inovasi IPB tidak hanya untuk nasional tetapi juga masyarakat dunia. Inovasi IPB mendunia, untuk itu kerja sama dengan alumni sangat penting. Untuk itu, kami mengundang para alumni untuk berbagi pengalaman dengan program alumni mengajar,” katanya.

Tampak hadir pula pada acara itu, Juda Agung dan Aida S. Budiman selaku Deputi Gubernur Bank Indonesia, Prof Tridoyo Kusumastanto selaku Ketua Majelis Wali Amanat IPB University, dan Ujang Sumarwan selaku Ketua Senat Akademi IPB University. Selain itu ada juga Dadan Kusdiana selaku Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM, Suharti Sutar sebagai Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Riset dan Teknologi, serta alumni IPB yang terpilih menjadi Anggota Legislatif DPR RI. [H-3]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *