Road Show 80 SMA, Ketua DPD HA IPB Riau: Jangan Ragu Masuk IPB

Pekanbaru, HA IPB – Puluhan mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) University yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Pelajar Mahasiswa Riau (IKPMR) Bogor mengadakan Road Show IPB University Goes To School ke sekolah menegah atas (SMA) di wilayah Provinsi Riau. Kegiatan pada Januari 2023 lalu yang dinamai Euphoriau 2023 itu mengunjungi 80 SMA dan mengadakan try out secara nasional.

Ketua DPD Himpunan Alumni IPB Provinsi Riau (HA IPB Riau) Mamun Murod mengatakan Euphoriau IKPMR Bogor ini merupakan kegiatan yang setiap tahun didukung DPD HA IPB Riau. Ratusan alumni IPB di Riau membantu beberapa hal seperti fasilitasi, pendampingan dan juga dana. Euphoriau 2023 tersebut merupakan kegiatan terbesar yang dihadiri sekitar 500 peserta canvassing dan try out diikuti hampir 900 peserta.

Murod mengatakan HA IPB mempunyai lima misi utama, diantaranya mengembalikan alumni-alumni tebaik IPB ke kampung halaman untuk berkiprah memajukan daerah.
“Kita ingin alumni tidak lagi tertarik bekerja dan berprofesi di ibu kota, tetapi bertani, berwirausaha dan juga menjadi profesional di kampungnya,” kata Murod yang juga Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Riau ini.

Dikatakan, salah satu sedang digalakkan HA IPB adalah Wiratani Bangun Desa (WIBASA). Program ini memfasilitasi alumni muda setelah lulus kembali ke desanya atau juga bisa mengembangkan desa dimana ia berdomisili. Untuk Provinsi Riau baru dimulai pada tahun 2023 setelah ada kesepakatan (MoU) dengan Pemprov Riau saat pelantikan pengurus baru pada Juni 2022 lalu.

Selain konsentrasi kepada alumni dan masyarakat, kata Murod, HA IPB juga memberikan perhatian kepada mahasiswa IPB melalui bantuan kepada calon alumni. Beasiswa ini dikelola Yayasan Alumni Peduli IPB (YAPI).
“Jadi adik-adik calon mahasiswa yang masuk IPB tidak usah khawatir, selain peluang beasiswa dari berbagai sumber, HA IPB juga ada program beasiswa,” ujarnya, seperti ditulis Goriau.com.

Untuk itu, Murod berpesan kepada para siswa yang juga calon mahasiswa yang hadir dalam acara canvassing untuk tidak usah ragu dan khawatir masuk IPB. Hadir beberapa pengurus DPD HA Riau seperti Wakil Ketua I Ferry Admiral; Sekretaris Wandi Nur Ikhksan; Anggota Dewan Pengawas Mawardes dan Mansyur HS; serta Wakil Ketua Bidang Inovasi Dr Sri Ambar Kusumawati.

Pada acara tersebut juga diadakan talkshow dengan nara sumber Coorporate Secretary PT Pertamina Hulu Rokan sekaligus owner dan founder Hall Hill Farm Indonesia, yang juga alumni IPB, Mastika Wardhani, SP, MM. Adapun sambutan Rektor IPB Prof Dr Arif Satria dilakukan secara virtual, kemudian Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau M Job Kurniawan, MAP,M.Si serta Direktur Utama Bank Riau Kepri Syariah Dr Andi Buchori yang juga alumni IPB yang diwakili Direktur Dan Jasa M.A Suharto. [H-01]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *